Memiliki bisnis sendiri memang salah satu pilihan orang untuk menyalurkan hobi ataupun mencari nafkah. Ketika memiliki ide untuk melakukan sebuah bisnis maka manusia tidak akan segan-segan untuk membuatnya menjadi nyata atau merealisasikannya. Mereka akan rela mengeluarkan banyak modal untuk membangun bisnis yang telah mereka rancang. Namun perlu diketahui bahwa untuk membangun sebuah bisnis, bukan hanya serta merta tampa pengetahuan, ada banyak pertimbangan-pertimbangan yang harus kita pikirkan agar usaha baru mampu bertahan dan berkembang. Untuk itu kita perlu untuk mengetahui pentingnya manajemen bisnis dalam berwirausaha.
Jadi apa itu manajemen bisnis? Manajemen bisnis adalah salah satu faktor utama yang dapat menentukan agar bisnis tersebut berhasil. intinya berhasil atau tidaknya sebuah usaha dapat dilihat dari manajemen bisnis yang dijalankannya. Sedangkan tujuan membuat suatu manajemen usaha bisnis adalah untuk bisa menjalankan dan mengevaluasi bisnis yang sedang dilakukan agar terpilih cara yang efektif dan efisien dalam menjalankannya kedepan.
Secara spesifik ada tiga alasan utama dibutuhkannya manajemen organisasi dalam usaha yaitu,
1. Mencapai tujuan, karena dengan memiliki organisasi maka dapat mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
2. Menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan diantara pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi seperti karyawan, masyarakat, dll.
3. Mencapai efisiensi dan efektifitas yang merupakan ukuran prestasi dalam perusahaan.
Ketika ingin membentuk manajemen organisasi maka penting untuk menetapkan misi dan tujuan dalam organisasi.
a. Penetapan Misi.
Misi menggambarkan bidang-bidang produk, pasar, dan teknologi yang ditekankan perusahaan. Hal ini mencerminkan nilai-nilai dan berbagai prioritas dari para pembuat keputusan strategik. Misi organisasi juga menunjukkan fungsi yang hendak dijalankannya dalam sistem sosial atau ekonomi tertentu.
b. Tujuan Organisasi.
Penentuan tujuan merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha bahwa tujuan organisasi merupakan kondisi yang akan dicapai di masa yang akan datang melalui kegiatan-kegiatan organisasi.
c. Menentukan struktur organisasi.
Menentukan siapa-siapa saja orang yang berkompeten dalam bidangnya. Menetapkan orang-orang sesuai divisinya akan mebantu perusahaan dan mempermudah dalam mencapai tujuan.
Membentuk manajemen organisasi pada saat kita mau membangun usaha memang sangatlah penting untuk dilakukan. Mengingat bahwa bisnis ini akan kita jadikan sebagai ladang untuk mencari nafkah serta sudah mengeluarkan banyak modal, maka jangan sampai uang yang kita keluarkan menjadi sia-sia.
Komentar
Posting Komentar