Langsung ke konten utama

Hal Dasar Yang Harus Diketahui Dalam Merintis Usaha Sepatu!


        Bekerja sebagai karyawan tapi lama-lama merasa bosan dan ingin mencoba berwirausaha? Kita pasti memiliki rasa bosan dalam pekerjaan kita, ingin keluar tapi bingung harus melakukan apa selanjutnya? Selain bekerja maka kita bisa megembangkan sayap dalam dunia bisnis. Banyak sekali barang yang dapat dijadikan bisnis. Salah satunya adalah bisnis sepatu. Ya, siapa sih yang tidak tau bisnis sepatu? Sepatu adalah salah satu barang yang wajib kita punya, entah itu untuk sekolah, kuliah, kerja, dan lain sebagainya. Oleh karena sepatu menjadi salah satu barang yang penting, maka selain di mall dan di pasar, tak jarang kita menjumpai banyak pedagang-pedagang yang berjualan sepatu di pinggir jalan dengan menjual berbagai macam merk sepatu. Karena sepatu menjadi salah satu barang yang penting, kita akan membeli minimal 2 sepatu dalam setahun.


   Sebagai barang yang memiliki banyak peminat, maka bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalankan. Seperti yang kita ketahui pula, ada berbagai jenis sepatu seperti; boots, sepatu kulit, sepatu roda, sepatu pesta, dan sepatu khusus pria dan wanita serta anak-anak. Usaha sepatu dapat dijalankan dengan modal yang minim terlebih dahulu dengan kata lain usaha kecil-kecilan.
            
Tertarik untuk memulai bisnis sepatu? Berikut adalah ide untuk merintis usaha sepatu!

1.      Ide
Ketika kita mau memulai bisnis dibidang sepatu maka kita harus memikirkan proses-proses untuk menjual sepatu, kita harus merancang prosesnya atau biasa disebut business plan. Memikirkan seperti apa model sepatu yang akan kita buat, berapa jenis sepatu, dan juga yang gak kalah penting adalah penamaan untuk produk kita.

2.      Tentukan Target pasar.
Untuk mendapatkan audience yang sesuai dengan sepatu yang akan kita jual, maka kita harus menentukan siapa target customer kita, bisa dilakukan dengan analisis secara demografis, psikografis, dll.

3.      Analisa Produk/jasa dalam bisnis anda.
Kita perlu untuk menganalisis dan menjelaskan secara detail tentang produk kita. Menentukan berapa kapasitas yang akan kita produksi setiap bulannya dan bagaimana cara atau strategi kita untuk memenuhi target produksi itu.

4.      Tempat usaha yang akan digunakan.
Kita juga harus memikirkan dimana kita akan menempatkan toko kita, tentunya harus ditempat yang strategis dan sesuai dengan target market kita. Ada hal-hal yang harus kita pertimbangkan dalam menentukan lokasi yaitu
a.       Apakah tempat usaha kita mudah dijangkau oleh konsumen?
b.      Apakah akses ke toko kita mudah?
c.       Apakah tempat usaha kita dekat dengan keramaian (contoh dipinggir jalan)

Karena kita memang harus memikirkan keefektifan dan efisiensi agar lokasi toko kita dapat dengan mudah dijangkau oleh orang banyak.

5.      Branding nama dan logo.
Pemilihan nama memang sudah wajib untuk dipikirkan sebaik-baiknya. Nama juga bisa menarik perhatian konsumen untuk mengetahui lebih lanjut. Umumnya, nama harus menarik dan tidak boleh dibuat dengan tulisan yang rumit, karena ketika nama kita menarik maka akan terekam di otak sehingga memudahkannya untuk mencari kembali ketika ia butuh.
Adapun syarat untuk membuat suatu brand yaitu:
a.       Brand produk harus mudah diingat
b.      Brand atau nama mudah untuk diucapkan
c.       Terdiri dari maksimal tiga penggalan kata.
d.      Menggunakan kata yang unik untuk membuat audience penasaran.
e.       Nama sesuai dengan logo yang ingin digunakan.

Dari semuanya itu, hal yang paling utama adalah NIAT! Ketika kita ada niat, maka kita akan terus berusaha untuk menemukan ide-ide fantastis yang akan menunjang produk kita sehingga dengan cepat dapat berkembang dipasaran. Usaha tidak melulu soal keuntungan yang besar. Namun sebagai produk baru dipasaran, maka kita harus bisa membuat sesuatu yang menarik dengan trik-trik marketing agar produk kita bisa menarik banyak perhatian. Sebagai seorang wirausahawan maka kita juga harus berani mengambil resiko yang ada. Karena semua yang kita ambil pasti ada konsekuensinya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merry Riana Si Wanita Satu juta Dolar

"Cerita Si Wanita Satu Juta Dolar" Muda, cantik, dan energik, itulah kesan yang timbul setelah mendengar nama seorang Merry Riana. Ya, siapa yang tidak mengenal sosoknya? Wanita yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1980 ini namanya melejit didunia berkat kesuksesannya meraup penghasilan satu juta dolar Amerika Serikat (AS) di usia 26 tahun. Namun, kesuksesan yang ia raih saat ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan rintangan, bahkan berkali-kali kegagalan dialaminya. Setelah lulus SMA, Merry Riana ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti. Namun, cita-citanya buyar ketika kerusuhan besar yang terjadi pada Mei 1998. Peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak akan terlupakan oleh Merry Riana. Kerusuhan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh isu SARA yang membuat kehidupan keluarga Ria, sapaan dari Merry Riana yang beretnis Tionghoa harus terusik, karena selalu diburu oleh oknum tertentu. Untuk menghindari segala sesuatu yang akan terjad

Analisis Hubungan Komunikasi Dalam Fan page “Thenewbikingregetan” Dengan Film The Karate Kid.

JUDUL Analisis Hubungan Komunikasi Dalam Fan page “Thenewbikingregetan” Dengan Film The Karate Kid . PENDAHULUAN             Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu menggunakan komunikasi untuk saling berinteraksi kepada banyak orang. Komunikasi sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan proses komunikasi dilakukan antar manusia. Manusia berkomunikasi setiap hari baik itu dengan keluarga, teman, guru, tetangga, maupun masyarakat lainnya. Manusia menyampaikan hasrat, gagasan, ide, kemauan, dan lain sebagainya. Upaya komunikasi tersebut hanya dapat dilakukan oleh manusia. Komunikasi diterapkan secara lisan maupun tulisan baik berbicara tatap muka, menyampaikan pidato, diskusi, dengan tujuan mendidik, membangkitkan kepercayaan, dan menggerakkan perasaan orang lain. Menurut Dani Vardiansyah (2004) komunikasi adalah proses penyampaian pesan antar manusia, dan obyek ilmu komunikasi adalah komunikasi itu sendiri, yakni usaha penyampaian pesan antar manusia. Menuru

IDE BISNIS (MENCARI DAN MENEMUKAN IDE BISNIS)

Hello readers, kembali lagi di blog ini yang tentunya akan memberikan topik-topik menarik seputar bisnis. Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana menemukan ide bisnis. nah artikel ini tentunya cocok banget buat kamu yang mau memulai bisnis tapi masih ragu-ragu untuk terjun untuk merealisasikan ide kamu. Kalau begitu, yuk langsung aja kita bahas. Ide bisnis memang tidak mudah untuk didapatkan, tetapi jika kita memiliki satu ide untuk berbisnis maka beranilah untuk memulainya. karena banyak orang yang memiliki ide, tapi mereka tidak berani untuk memulai. Saat ini berbisnis sangat banyak diminati oleh banyak orang, dan kebanyakan adalah orang-orang muda usia produktif. Hal ini karena mereka menginginkan pendapatan lebih dari bisnis yang ingin mereka jalankan. Sebagian merasa kurang dengan pendapatan dari kantor, maka untuk menambah dan memperbesar pendapatan, harus bisa mencoba untuk melakukan bisnis sampingan. Lalu bagaimana sih menemukan ide bisnis? Sebagai man