Langsung ke konten utama

ASPEK PEMASARAN DALAM BERWIRAUSAHA

Perencanaan strategi pemasaran bisnis online - Smartindo Cemerlang ...

  
Dalam membangun ataupun menjalankan usaha, setiap perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang harus mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh keuntungan demi kemajuan dan perkembangan perusahaannya. Selain itu juga para pewirausaha pasti ingin jika konsumennya merasa puas atas produk yang mereka hasilkan, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh dalam menghasilkan produk yang berkualitas, demi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Untuk mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan salah satunya adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal ini sangat penting karena cara pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Pemasaran dapat diartikan sebagai aktivitas serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengkonsumsikan, menyampaikan, mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (custom value), keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Tidak jarang mereka yang ingin membangun sebuah usaha, tidak bertahan lama akibat tidak merencanakan dengan matang rencana untuk kedepan akan seperti apa, harus melakukan apa, dan lain sebagainya. 
Untuk itu, agar hal tersebut tidak terjadi bagi kamu yang ingin membangun atau baru merintis sebuah usaha maka ada beberapa aspek yang harus kamu ketahui:

A.   Perencanaan Pemasaran.
Pentingnya untuk merencanakan sebuah usaha bagi yang ingin merintis usaha baru yaitu,
1.     Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan agar sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen, dan menentukan berapa jumlahnya, kualitasnya bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan (apakah musiman, atau hanya pada saat-saat tertentu).

2.     Memilih pasar sasaran khusus. Adapun tiga jenis pasar sasaran yaitu,
a.      Pasar individual.
b.     Relung individual.
c.      Segmentasi pasar.

3.     Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan.
Adapun beberapa strategi untuk memenuhi permintaan dan lingkungan yang bersaing yaitu sebagai berikut:
a.      Orientasi pada pelanggan.
b.     Mengutamakan kualitas seperti efisiensi, efektifitas, tepat.
c.  Memberikan kesenangan dengan memfokuskan pada kenyamanan dan kenikmatan.
d.     Melakukan inovasi dalam produk maupun proses.
e.  Konsisten pada kecepatan atau time compression management (TCM) yang diwujud dalam bentuk kecepatan untuk menentukan produk baru dipasar, dan memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan kebutuhan pelanggan (customer response time)
4.     Pemilihan strategi pasar.
Strategi pemasaran adalah panduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar sebelumnya, dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.
B.    Strategi Pemasaran.
Kekreatifan dalam pemasaran dapat menghasilkan teknik yang unik, yang diharapkan bisa mendapatkan perhatian konsumen serta lahirnya sebuah keputusan untuk membeli produk. Adapun langkah-langkah menentukan strategi pasar yaitu,
a.      Penelitian dan pengembangan pasar.
·        Memberikan kualitas yang baik.
·        Harga yang lebih murah dan bisa ditawar.
·        Lokasi strategis.
·        Seleksi barang/jasa yang lebih menarik.
·        Pelayanan yang lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen.
·        Kecepatan.
Maka dengan niat yang benar-benar ingin mengembangkan perusahaan/usaha, ketika mengikuti strategi-strategi diatas, usaha bisa akan terus berkembang. Kita dapat juga membuat strategi dengan memberikan keuntungan kepada pelanggan, memberikan bonus gratisan, menawarkan hadiah menarik untuk menarik banyak pelanggan, menggunakan sosial media untuk menginformasikan brand yang kita punya dan juga menyebarkan informasi secara mouth to mouth.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merry Riana Si Wanita Satu juta Dolar

"Cerita Si Wanita Satu Juta Dolar" Muda, cantik, dan energik, itulah kesan yang timbul setelah mendengar nama seorang Merry Riana. Ya, siapa yang tidak mengenal sosoknya? Wanita yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1980 ini namanya melejit didunia berkat kesuksesannya meraup penghasilan satu juta dolar Amerika Serikat (AS) di usia 26 tahun. Namun, kesuksesan yang ia raih saat ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan rintangan, bahkan berkali-kali kegagalan dialaminya. Setelah lulus SMA, Merry Riana ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti. Namun, cita-citanya buyar ketika kerusuhan besar yang terjadi pada Mei 1998. Peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak akan terlupakan oleh Merry Riana. Kerusuhan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh isu SARA yang membuat kehidupan keluarga Ria, sapaan dari Merry Riana yang beretnis Tionghoa harus terusik, karena selalu diburu oleh oknum tertentu. Untuk menghindari segala sesuatu yang akan terjad...

Si Jenius Edith

Edith Ann Stern adalah anak yang terbilang jenius, ia dibesarkan dan dididik oleh ayahnya dengan cara yang sedikit berbeda dari kebanyakan orangtua yang mendidik anaknya. Kebanyakan orangtua ingin melihat anaknya tumbuh denganbaik, lucu, dan bahkan terkadang orangtua pun mengikuti gaya bicara sang anak yang masih balita. Tapi tidak dengan ayah Edith, ayahnya yang bernama Aaron Stern ini membesarkan Edith dengan cara yang tidak biasa. Pada saat Edith lahir tahun 1952, ayahnya saat itu mengummumkan niatnya kepada reporter bahwa ia ingin membesarkan anaknya sebagai "manusia sempurna", tapi selama manusia hidup tidaklah ada yang sempurna, mungkin didalam pikiran ayahnhya adalah membuat anaknya sebagai manusia yang jenius. Aaron Stern menulis buku "The making of jenius," "The joy of learning". Bagaimana ayah Edith mendidiknya? yaitu dengan cara ayahnya mengajak Edith kecil berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang selayaknya dipakai untuk berkomunikasi deng...

BERGABUNG BERSAMA GESID (GERAKAN STOP COVID-19)

Sudah kurang lebih enam bulan dunia dihadapkan dengan virus yang sangat amat meresahkan manusia. Berawal dari Kota Wuhan, China, hingga menyebar ke negara-negara lainnya. Salah satu negara yang telah terinfeksi Corona adalah Indonesia. Pada tanggal 02 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 pertama, sehingga menimbulkan kepanikan ditengah-tengah masyarakat. Setelah kurang lebih dua bulan menerapkan PSBB maka pertanggal 5 Juni 2020, Indonesia telah mulai memasuki fase new normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19.  Dapat dilihat bahwa ruas jalan protokol wilayah DKI Jakarta sudah mulai ramai dan kembali macet, segala jenis transportasi, perkantoran, rumah makan, kafe, dan tempat hiburan sudah mulai dibuka mulai 08 Juni 2020. Tentunya pemberlakuan new normal ini tidak sebebas seperti sedia kala, pemerintah tetap mewajibkan seluruh masyarakat dan pelaku bisnis agar menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan untuk berjaga jarak, tidak berkump...