Dalam
membangun ataupun menjalankan usaha, setiap perusahaan baik perusahaan besar
maupun kecil yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang harus mempunyai
tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh keuntungan demi kemajuan dan
perkembangan perusahaannya. Selain itu juga para pewirausaha pasti ingin jika
konsumennya merasa puas atas produk yang mereka hasilkan, karena kepuasan
konsumen menjadi tolak ukur atas keberhasilan yang diperoleh dalam menghasilkan
produk yang berkualitas, demi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Untuk
mencapai pemasaran yang tepat dan efektif yang harus diterapkan salah satunya
adalah dilihat dari cara pemasarannya. Hal ini sangat penting karena cara
pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam memilih suatu
produk. Pemasaran dapat diartikan sebagai aktivitas serangkaian institusi, dan
proses menciptakan, mengkonsumsikan, menyampaikan, mempertukarkan tawaran yang
bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Prinsip dasar
pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (custom value),
keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Tidak
jarang mereka yang ingin membangun sebuah usaha, tidak bertahan lama akibat
tidak merencanakan dengan matang rencana untuk kedepan akan seperti apa, harus
melakukan apa, dan lain sebagainya.
Untuk itu, agar
hal tersebut tidak terjadi bagi kamu yang ingin membangun atau baru merintis
sebuah usaha maka ada beberapa aspek yang harus kamu ketahui:
A.
Perencanaan Pemasaran.
Pentingnya untuk merencanakan sebuah usaha bagi yang
ingin merintis usaha baru yaitu,
1. Menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan agar
sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen, dan menentukan berapa jumlahnya,
kualitasnya bagaimana, siapa yang membutuhkan, dan kapan mereka membutuhkan
(apakah musiman, atau hanya pada saat-saat tertentu).
2. Memilih pasar sasaran khusus. Adapun tiga jenis pasar
sasaran yaitu,
a. Pasar individual.
b. Relung individual.
c. Segmentasi pasar.
3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan.
Adapun beberapa
strategi untuk memenuhi permintaan dan lingkungan yang bersaing yaitu sebagai
berikut:
a. Orientasi pada pelanggan.
b. Mengutamakan kualitas seperti efisiensi, efektifitas,
tepat.
c. Memberikan kesenangan dengan memfokuskan pada
kenyamanan dan kenikmatan.
d. Melakukan inovasi dalam produk maupun proses.
e. Konsisten pada kecepatan atau time compression
management (TCM) yang diwujud dalam bentuk kecepatan untuk menentukan
produk baru dipasar, dan memperpendek waktu untuk merespon keinginan dan
kebutuhan pelanggan (customer response time)
4. Pemilihan strategi pasar.
Strategi pemasaran
adalah panduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian penelitian pasar
sebelumnya, dalam hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dan
mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran.
B. Strategi Pemasaran.
Kekreatifan dalam
pemasaran dapat menghasilkan teknik yang unik, yang diharapkan bisa mendapatkan
perhatian konsumen serta lahirnya sebuah keputusan untuk membeli produk. Adapun
langkah-langkah menentukan strategi pasar yaitu,
a. Penelitian dan pengembangan pasar.
·
Memberikan kualitas
yang baik.
·
Harga yang lebih
murah dan bisa ditawar.
·
Lokasi strategis.
·
Seleksi barang/jasa
yang lebih menarik.
·
Pelayanan yang
lebih menarik dan lebih memuaskan konsumen.
·
Kecepatan.
Maka dengan niat yang benar-benar ingin
mengembangkan perusahaan/usaha, ketika mengikuti strategi-strategi diatas,
usaha bisa akan terus berkembang. Kita dapat juga membuat strategi dengan memberikan
keuntungan kepada pelanggan, memberikan bonus gratisan, menawarkan hadiah
menarik untuk menarik banyak pelanggan, menggunakan sosial media untuk
menginformasikan brand yang kita punya dan juga menyebarkan informasi secara mouth
to mouth.
Komentar
Posting Komentar