Langsung ke konten utama

BUSINES PLAN (PERENCANAAN BISNIS)


10 Benefits of Business Planning for all Businesses | Evanston ...



Hello readers, kembali lagi di blog ini yang tentunya akan memberikan topik-topik menarik seputar bisnis. Kali ini akan ada beberapa bahasan yang pastinya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian di dalam membangun bisnis ataupun menjalankan bisnis dengan cara yang baiik dan benar. Topik kali ini kita akan membahas bagaimanasih cara membuat perancanaan bisnis (Business Plan), yukk langsung aja kita pelajari bersama!



A.PENGERTIAN BUSSINESS PLAN

Untuk mendirikan suatu usaha atau perusahaan tentunya kita harus merencanakannya terlebih dahulu, mengapa? Agar kita tahu apa tujuan yang ingin kita capai, apa langkah-langkah yang akan kita lakukan dalam mencapai tujuan itu, dan juga agar lebih terarah dalam menjalankan bisnis. Business Plan atau perencanaan bisnis merupakan tujuan dari berdirinya sebuah bisnis, alasan mengapa pemilik atau pendiri bisnis yakin tujuan tersebut bisa dicapai dan juga strategi atau rencana apa yang akan dijalankan guna mencapai tujuan tersebut. Ada banyak juga pendapat dari dari para ahli mengenai pengertian perencanaan bisnis, salah satunya dari Megginson (2000) Business Plan merupakan suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara tujuan bisnisnya. Sementara menurut Bygrave (1994:114) mengatakan Business Plan adalah suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.



Tadi saya menyebut tujuan dalam pengertian Business Plan, maka apa sebenarnya tujuan membuat Business Plan ini?

a. Membantu kita untuk tetap kreatif dan mempertajam rencana-rencana yang telah ditetapkan atau rencana yang diharapkan.
b. Untuk mengetahui arah dan tujuan perusahaan.
c. Mempermudah kita untuk menjalankan usaha dengan mengetahui langkah-langkah praktis dalam menghadapi persaingan, membuat promosi, dan sebagainya, sehingga usaha akan lebih efektif dan menghasilkan keuntungan.
d. Sarana komnikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana. Hal ini dapat membuat mereka mengerti tujuan dan cara operasional bisnis.
e. Sebagai bahan penyusun strategi dan evaluasi bisnis.
Membuat perencanaan bisnis sebelum mendirikan bisnis sangat penting, melihat tujuan-tujuan diatas maka perencanaan bisnis dapat membantu kita dalam menuju target dan langkah-langkah mencapai target tersebut.



B.MANFAAT BUSSINESS PLAN

Dalam merencanakan bisnis maka terdapat juga beberapa manfaat bussiness plan, berikut ini merupakan manfaat bussiness plan yang perlu kita ketahui bagi pewirausaha.

1. Untuk mengawali sebuah bisnis.
Perencanaan bisnis berfungsi untuk merancang strategi dan rencana awal sebuah bisnis. Bisnis akan sulit berkembang apabila dijalankan tanpa rencana ataupun rancangan bisnis. Maka sangant penting bagi penggiat usaha untuk menyusun sebuah rencana bisnis agar bisnis yang ditekuni dan terorientasi dengan benar dan dapat mencapai kesuksesan. Susunlah perencanaan bisnis sedetail mungkin. Lakukan klasifikasi bidang dan pembagian kerja secara jelas. Adanya rencana bisnis yang baik senantiasa akan mengantarkan usaha pada kesuksesan.
2. Membantu untuk mencari dana.
Rencana bisnis yang telah disusun dapat bermanfaat untuk mendatangkan pihak investor, bank atau yang lainnya yang akan membantu bisnis yang mau kita jalankan. Dapat diartikan rencana bisnis yang sudah kita buat dapat menjadi semacam proposal atau pelengkap proposal yang akan membantu mendapatkan modal usaha.
3. Membantu membuat bisnis lebih fokus dan terarah.
Pendiri usaha perlu menyusun sebuah bussiness plan atau rencana dan rancangan bisnis agar nantinya bisnis yang akan dijalankan akan lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan digunakan.
4. Memprediksi Masa Depan.
Merencanakan bisnis dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang akan dijalankan. Karena saat menyusun rencana bisnis, maka akan terlihat gambaran jangka pendek, menengah dan panjang bagi bisnis yang akan dijalankan.
5. Untuk menaikkan level bisnis.
Merencanakan bisnis juga dapat menaikkan level bisnis yang sedang dijalankan. Rencana dan rancangan bisnis yang disusun dengan baik akan membuat gairah tersendiri bagi pebisnis untuk menjalankan usaha mereka.


C. PRINSIP BUSSINESS PLAN.

Dalam merencanakan bisnis terdapat beberapa prinsip yang harus dipahami oleh pendiri usaha, yaitu,

1. Prinsip Otonomi: Para pengusaha atau pelaku usaha memiliki kebebasan dalam kegiatan usaha tersebut dengan tidak melanggar norma atau aturan yang berlaku.
2. Prinsip Kejujuran: Dalam kehidupan kejujuran sangat dijunjung tinggi, begitu pula dalam menjalankan bisnis, jujur sangat penting karena dengan jujur bisnis yang kita bangun akan berjalan sesuai rencana.
3. Prinsip Keadilan: Dalam berbisnis kita harus mengaktualisasikan visi misi yang telah kita buat agar bisnis ini sesuai dengan rencana yang kita harapkan.
4. Prinsip Saling Menguntungkan: Dalam berbisnis tidak hanya menguntungkan sebelah pihak, namun harus sama-sama saling menguntungkan dan menerapkan keadilan untuk langkah lebih tepat untuk mewujudkan dan menciptakan iklim persaingan yang sehat didalam pasar tersebut.
5. Prinsip Integritas Moral: Seorang pengusaha tidak hanya mengambil keuntungan saja, namun perusahaan itu harus memiliki medsia yang baik bagi masyarakat, bermanfaat bagi masyarakat dan berfikir yang baik bagi bisnis bagi perusahaan didalam dunia usaha tersebut.
Dengan mengetahui prinsip-prinsip perencanaan bisnis ini, maka akan memudahkan para pendiri usaha untuk merencanakan bisnisnya dengan baik dan membuat langkah-langkah untuk mencapai tujuannya dengan lebih baik.

D.KOMPONEN (FORMAT) BUSINESS PLAN.


Rencana bisnis harus sesuai dengan pedoman secara umum terkait bentuk dan konten. Setiap bagian harus menyertakan elemen spesifik dan menjawab pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh pembaca business plan anda.Secara umum, rencana bisnis memiliki komponen-komponen berikut ini:

a. Halaman Judul
Rencana harus disajikan dalam format sampul yang mencantumkan nama bisnis, nama pembuat bisnis, alamat, nomor telepon, email dan situs web jika ada serta tanggal operasi. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuat cover mewah, karena pembaca hanya menginginkan rencana yang terlihat profesional dan mudah dipahami. Selanjutnya diikuti dengan daftar isi, sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan informasi yang diinginkan.

b. Executive Summary.
Tuliskan secara ringkas alasan kita untuk membuat business plan, agar poin ini dapat menginformasikan langsung hal-hal apa yang kita inginkan, misal apakah kita mau mencari pinjaman dana untuk membangun gedung, lalu apa keuntunganya bagi pembaca? Dan semua pertanyaan yang berkaitan dengan situasi kita. Ringkasan ataupun pernyataan harus tidak lebih dari setengah halaman dan harus menyentuh elemen-elemen berikut. 

- konsep bisnis menggambarkan bisnis, produknya, pasar yang dilayaninya, dan keunggulan kompetitif bisnisnya.
- Fitur keuangan termasuk sorotan keuangan, seperti penjualan dan keuntungan.
- Persyaratan keuangan menyatakan berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk memulai atau ekspansi, bagaimana modal akan digunakan dan jaminan yang tersedia apa.
- informasi harus relevan tentang perusahaan.
- Prestasi besar menunjukkan hal-hal yang perlu diperhatikan, seperti hak paten dan uji coba pemasaran.

c. Deskripsi Bisnis.
Deskripsi bisnis dimulai dengan penjelasan singkat tentang industri. Saat mendeskripsikan industri, diskusikan apa yang terjadi saat ini dan juga prospek dimasa mendatang. Lakukan riset yang diperlukan sehingga kita dapat memberikan informasi tentang semua berbagai pasar dalam industri, termasuk referensi untuk produk baru atau perkembangan yang dapat menguntungkan atau menghambat bisnis kita.

d. Deskripsi Produk atau Layanan.
Ketika menggambarkan produk atau layanan pastikan pembaca memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang kita tuliskan. Jelaskan bagaimana orang menggunakan produk atau layanan berbeda dari yang lain di pasaran. Jelaskan juga secara spesifik apa yang membedakan bisnis kita dari para pesaing.

e. Analisis Pasar.
Analisis pasar yang menyeluruh dapat membantu untuk menentukan prospek dan membantu untuk menetapkan strategi penetapan harga, distribusi, dan promosi yang akan memungkinkan perusahaan menjadi sukses di hadapan pesaing kita, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Mulailah untuk menganalisis pasar kita dengan mendefinisikan pasar dalam hal ukuran, demografi, struktur, prospek pertumbuhan, tren, dan potensi penjualan. Lalu tentukan seberapa sering produk atau layanan kita akan dibeli oleh target pasar. Kemudian cari tahu potensi pembelian tahunan dan cari tahu berapa persen dari jumlah tahunan yang dapat dicapai.

f. Analisis Kompetitif.
Tujuan dari analisis ini yaitu untuk menentukan kekuatan dan kelemahan para pesaing di pasar kita, strategi bisnis yang akan memberikan keuntungan yang berbeda, dan hambatan yang dapat dikembangkan untuk mencegah persaingan memasuki pasar kita. Langkah pertama untuk menganalisis pesaing  adalah mengidentifikasi persaingan langsung dan tidak langsung untuk bisnis kita, baik sekarang maupun di masa mendatang. Setelah mengelompokkan pesaing mulailah menganalisis strategi pemasaran mereka dan mengidentifikasi area yang rentang mereka dengan memeriksa kekuatan dan kelemahan mereka.

g. Operasi dan Manajemen.
Komponen ini dari rencana dirancang untuk menggambarkan bagaimana fungsi bisnis secara berkelanjutan. Rencana operasi menyoroti logistik organisasi, seperti tanggung jawab tim manajemen, tugas yang diberikan krpada masing-masing divisi dalam perusahaan, dan membuat persyaratan modal dan biaya yang terkait dengan operasi bisnis.

h. Komponen Keuangan Dari Rencana Bisnis.
Setelah mendefinisikan produk, pasar, dan operasi maka hal yang menjadi perhatian selanjutnya yaitu laporan keuangan yang membentuk tulang punggung rencana bisnis kita yaitu laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan sederhana dan langsung tentang kemampuan menghasilkan uang dalam bisnis. Laporan arus kas adalah salah satu alat informasi paling penting dalam bisnis, karena itu menunjukkan berapa uang yang masuk dan keluar, serta darimana sumber dan tujuan penggunaannya. Laporan keuangan terakhir yang diperlukan adalah neraca. Neraca adalah ringkasan dari semua informasi keuangan sebelumnya yang dipecah menjadi tiga bidang yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas.

i. Dokumen Pendukung.
Sertakan dokumen lain yang menarik bagi pembaca. Seperti resume, kontrak dengan pemasok, pelanggan, atau klien, surat referensi, dan hal lain yang relevan dengan rencana bisnis kita.



Nah readers itulah hal-hal yang harus kamu terapkan sebelum mendirikan suatu usaha atau perusahaan, merencanakan bisnis sebaik dan sedetail mungkin agar usaha kita dapat terarah dan terbangun dengan baik. Yuk di simak juga video penjelasan Tutorial Business Plan berikut ini!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merry Riana Si Wanita Satu juta Dolar

"Cerita Si Wanita Satu Juta Dolar" Muda, cantik, dan energik, itulah kesan yang timbul setelah mendengar nama seorang Merry Riana. Ya, siapa yang tidak mengenal sosoknya? Wanita yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1980 ini namanya melejit didunia berkat kesuksesannya meraup penghasilan satu juta dolar Amerika Serikat (AS) di usia 26 tahun. Namun, kesuksesan yang ia raih saat ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan rintangan, bahkan berkali-kali kegagalan dialaminya. Setelah lulus SMA, Merry Riana ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti. Namun, cita-citanya buyar ketika kerusuhan besar yang terjadi pada Mei 1998. Peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak akan terlupakan oleh Merry Riana. Kerusuhan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh isu SARA yang membuat kehidupan keluarga Ria, sapaan dari Merry Riana yang beretnis Tionghoa harus terusik, karena selalu diburu oleh oknum tertentu. Untuk menghindari segala sesuatu yang akan terjad

Analisis Hubungan Komunikasi Dalam Fan page “Thenewbikingregetan” Dengan Film The Karate Kid.

JUDUL Analisis Hubungan Komunikasi Dalam Fan page “Thenewbikingregetan” Dengan Film The Karate Kid . PENDAHULUAN             Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu menggunakan komunikasi untuk saling berinteraksi kepada banyak orang. Komunikasi sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan proses komunikasi dilakukan antar manusia. Manusia berkomunikasi setiap hari baik itu dengan keluarga, teman, guru, tetangga, maupun masyarakat lainnya. Manusia menyampaikan hasrat, gagasan, ide, kemauan, dan lain sebagainya. Upaya komunikasi tersebut hanya dapat dilakukan oleh manusia. Komunikasi diterapkan secara lisan maupun tulisan baik berbicara tatap muka, menyampaikan pidato, diskusi, dengan tujuan mendidik, membangkitkan kepercayaan, dan menggerakkan perasaan orang lain. Menurut Dani Vardiansyah (2004) komunikasi adalah proses penyampaian pesan antar manusia, dan obyek ilmu komunikasi adalah komunikasi itu sendiri, yakni usaha penyampaian pesan antar manusia. Menuru

IDE BISNIS (MENCARI DAN MENEMUKAN IDE BISNIS)

Hello readers, kembali lagi di blog ini yang tentunya akan memberikan topik-topik menarik seputar bisnis. Di artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana menemukan ide bisnis. nah artikel ini tentunya cocok banget buat kamu yang mau memulai bisnis tapi masih ragu-ragu untuk terjun untuk merealisasikan ide kamu. Kalau begitu, yuk langsung aja kita bahas. Ide bisnis memang tidak mudah untuk didapatkan, tetapi jika kita memiliki satu ide untuk berbisnis maka beranilah untuk memulainya. karena banyak orang yang memiliki ide, tapi mereka tidak berani untuk memulai. Saat ini berbisnis sangat banyak diminati oleh banyak orang, dan kebanyakan adalah orang-orang muda usia produktif. Hal ini karena mereka menginginkan pendapatan lebih dari bisnis yang ingin mereka jalankan. Sebagian merasa kurang dengan pendapatan dari kantor, maka untuk menambah dan memperbesar pendapatan, harus bisa mencoba untuk melakukan bisnis sampingan. Lalu bagaimana sih menemukan ide bisnis? Sebagai man