Langsung ke konten utama

PRODUK DAN PENENTUAN HARGA JUAL

                                           Pusat Data Makalah: Produk, Jasa, dan Strategi Penentuan Merek

Haloo guyss, apa kabar nih? Semoga tetap sehat yahh. Nah, kali ini gua mau ngebahas tentang Produk dan Penentuan Harga Jual. Jadi gimana guyss? udah siapin kertas dan pulpen buat dicatat? hehehe. Ngomong-ngomong soal produk dan penentuan harga, pasti kalian udah tahu nih arahnya kemana. Yap, tentunya buat kalian yang ingin merintis usaha atau mencoba untuk berbisnis maka topik ini penting banget untuk kalian ketahui! Yukk kita bahas satu persatu.


Jadi Apasih produk itu? Nah, produk adalah hasil dari kegiatan produksi produksi yang berwujud barang atau jasa. Produksi adalah suatu kegiatan yang dapat menimbulkan tambahan manfaat atau menciptakan manfaat baru. Manfaat disini bisa berupa faedah tempat, bentuk, dan waktu atau kombinasinya. Kebanyakan produk untuk melayani konsumen yang bisa diklasifikasikan sebagai produk konsumen, produk belanja, dan produk spesial. mari kita bahas satu persatu.
1. Produk Konsumen.
    Produk konsumen tersedia secara luas bagi konsumen, sering dibeli oleh konsumen, dan
    sangat mudah didapat. contohnya seperti susu, surat kabar, soda, kembang gula.

2. Produk Belanja.
    Produk belanja berbeda dari produk konsumen, karena produk belanja tidak sering dibeli.
    Ketika konsumen bersiap untuk membeli produk belanja, pertama, mereka akan berkeliling
    melihat perbandingan kualitas dan harga dari produk pesaing. Mebel dan peralatan rumah
    tangga adalah contoh dari produk belanja.

3. Produksi spesial. 
    Produk spesial adalah produk yang dimaksudkan untuk konsumen tertentu yang spesial
    dan oleh karenanya memerlukan upaya khusus untuk membelinya. Contohnya yaitu sebuah
    jam tangan Rolex, ini adalah contoh produk spesial. Ketika mereka mengevaluasi maka
    mereka akan sadar bahwa mereka membeli untuk pribadi, bukan untuk pesaing harga. 

Produk tidak serta merta menjadi sebuah produk, melainkan harus melewati proses produksi yang dimulai dari perencanaan produksi, dan penentuan proses produksi. Langkah awal kegiatan pelaksanaan produksi yaitu merencanakan produk, segala sesuatu yang berkaitan dengan produksi dengan harapan produk bisa dipasarkan sesuai target dan kelangsungan usaha. Pada tahap perencanaan produk ini tidak hanya merencanakan fisik produk, tetapi juga proses-proses yang memungkinkan produk bisa terwujud yaitu pembuatan model yang sesuai dengan keinginan pasar, produk harus spesifik, menentukan ukuran dan sistem perakitannya, serta menguji mutu produk. Pada proses produksi, suatu produk dibuat melalui beberapa tahapan yang berurutan dan tetap sesuai alur produksi. 
1. Operasi. Benda kerja diubah bentuknya sehingga mendekati hasil akhir.
2. Transportasi. Perpindahan dari satu tempat ketempat lain, dari satu mesin ke mesin lain.
3. Inspeksi. Pengontrolan kualitas/bahan.
4. Penundaan. Bila bahan disimpan untuk sementara waktu.
5. Aktivitas gabungan antara kegiatan pengerjaan dan inspeksi. Pada waktu pengerjaan 
dilakukan pengawasan kualitas.

Nah itu dia penjelasan mengenai produk dan rencana produksinya. Kita lanjut lagi ke penentuan harga jual yuk.

                                RUMAH UMKM: Theory: Penetapan Harga - Tujuan, Strategi dan ...

Dalam menjalankan sebuah bisnis jual-beli tidak akan terlepas dari permasalahan harga. Harga memegang peranan penting dalam terjadinya kesepakatan jual-beli dari produsen ke tangan konsumen. Melalui penetapan harga maka bisa terlihat kelayakan produk. Oleh karena itu, penetapan harga harus disepakati bersama sebelum barang beredar di pasaran. Lalu apa saja tujuan penetapan harga? Menurut Harini (2008) ada beberapa tujuan untuk penetapan harga yaitu, mencapai penghasilan atas investasi, kestabilan harga, mempertahankan atau meningkatkan bagian dalam pasar, menghadapi atau mencegah persaingan, dan memaksimalkan laba.

Untuk menetapkan harga maka harus merancang strategi. Strategi penetapan harga merupakan proses dalam mengklasifikasi dan menggolongkan produk yang dihasilkan apakah produk baru atau produk telah beredar. Adapun strategi penetapan harga yaitu,
a. Produk Baru.
Dalam pengenalan produk baru perlu penetapan strategi harga, ada dua alternatif yaitu, harga mengapung (skimming price), taitu memberikan harga yang tinggi agar dapat menutupi biaya dan sekaligus menghasilkan laba maksimum. Harga penetrasi yaitu memberikan harga lebih rendah agar terciptanya pangsa pasar permintaan. Jika harga penetrasi digunakan maka akan sangat cocok dan efektif untuk pasar yang cenderung sensitip terhadap harga.
b. Produk yang telah beredar.
Adapun tiga tingkatan dalam tahapan siklus strategi ini yaitu,
- Tahap Pertumbuhan.Adapun ciri-ciri tahap ini yaitu penjualan akan meningkat dan disertai dengan munculnya pesaing. Saat terjadi pertumbuhan yang cepat maka harga produk tetap dipertahankan. Tetapi apabila pertumbuhan melambat maka harga yang diterapkan diturunkan agar bisa mendorong penjualan sekaligus menghadapi persaingan yang semakin ketat.
- Tahap kematangan. Karakteristik dari tahap ini yaitu fleksibilitas harga. Hal ini terjadi karena tahap ini merupakan efektivitas strategi dalam penetapan harga.
Tahap Penurunan. Pada tahap ini ditandai dengan mernurunnnya jumlah permintaan yang secara terus-menerus. Selain itu tahap ini merupakan tahap akhir dalam daur hidup produk yang memiliki dua alternatif yaitu, strategi diskonting (pemotongan harga) dan mempertahankan harga namun memotong biaya berhubungan dengan produk, khususnya dalam pengeluaran untuk promosi.

Gimana guyss? Udah cukup menambah wawasan kalian mengenai produk, proses produksi dan penetapan harga? Kalo udah, sekian dulu blog kali ini yah. Terimakasih sudah menjadi pembaca setiaku! :D Nantikan postingan selanjutnyaa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merry Riana Si Wanita Satu juta Dolar

"Cerita Si Wanita Satu Juta Dolar" Muda, cantik, dan energik, itulah kesan yang timbul setelah mendengar nama seorang Merry Riana. Ya, siapa yang tidak mengenal sosoknya? Wanita yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1980 ini namanya melejit didunia berkat kesuksesannya meraup penghasilan satu juta dolar Amerika Serikat (AS) di usia 26 tahun. Namun, kesuksesan yang ia raih saat ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan rintangan, bahkan berkali-kali kegagalan dialaminya. Setelah lulus SMA, Merry Riana ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti. Namun, cita-citanya buyar ketika kerusuhan besar yang terjadi pada Mei 1998. Peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak akan terlupakan oleh Merry Riana. Kerusuhan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh isu SARA yang membuat kehidupan keluarga Ria, sapaan dari Merry Riana yang beretnis Tionghoa harus terusik, karena selalu diburu oleh oknum tertentu. Untuk menghindari segala sesuatu yang akan terjad...

Si Jenius Edith

Edith Ann Stern adalah anak yang terbilang jenius, ia dibesarkan dan dididik oleh ayahnya dengan cara yang sedikit berbeda dari kebanyakan orangtua yang mendidik anaknya. Kebanyakan orangtua ingin melihat anaknya tumbuh denganbaik, lucu, dan bahkan terkadang orangtua pun mengikuti gaya bicara sang anak yang masih balita. Tapi tidak dengan ayah Edith, ayahnya yang bernama Aaron Stern ini membesarkan Edith dengan cara yang tidak biasa. Pada saat Edith lahir tahun 1952, ayahnya saat itu mengummumkan niatnya kepada reporter bahwa ia ingin membesarkan anaknya sebagai "manusia sempurna", tapi selama manusia hidup tidaklah ada yang sempurna, mungkin didalam pikiran ayahnhya adalah membuat anaknya sebagai manusia yang jenius. Aaron Stern menulis buku "The making of jenius," "The joy of learning". Bagaimana ayah Edith mendidiknya? yaitu dengan cara ayahnya mengajak Edith kecil berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang selayaknya dipakai untuk berkomunikasi deng...

BERGABUNG BERSAMA GESID (GERAKAN STOP COVID-19)

Sudah kurang lebih enam bulan dunia dihadapkan dengan virus yang sangat amat meresahkan manusia. Berawal dari Kota Wuhan, China, hingga menyebar ke negara-negara lainnya. Salah satu negara yang telah terinfeksi Corona adalah Indonesia. Pada tanggal 02 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 pertama, sehingga menimbulkan kepanikan ditengah-tengah masyarakat. Setelah kurang lebih dua bulan menerapkan PSBB maka pertanggal 5 Juni 2020, Indonesia telah mulai memasuki fase new normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19.  Dapat dilihat bahwa ruas jalan protokol wilayah DKI Jakarta sudah mulai ramai dan kembali macet, segala jenis transportasi, perkantoran, rumah makan, kafe, dan tempat hiburan sudah mulai dibuka mulai 08 Juni 2020. Tentunya pemberlakuan new normal ini tidak sebebas seperti sedia kala, pemerintah tetap mewajibkan seluruh masyarakat dan pelaku bisnis agar menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan untuk berjaga jarak, tidak berkump...