Langsung ke konten utama

MENGENAL CYBER PUBLIC RELATIONS



Nama: Maria Pardede
Nim: 20180502107
Dosen Pengampu: Erna Febriani S.Si., M.Si.

CYBER PUBLIC RELATIONS.

2019
Dijaman yang semakin maju dan berkembang ini, perkembangan teknologi komunikasi memungkinkan penggunaan berbagai macam bentuk media untuk menyampaikan pesan. Dalam dunia Public Relations, perkembangan teknologi dan komunikasi juga melahirkan alat atau media baru bagi praktisi PR untuk menjalin hubungan dengan publiknya. Publik PR sendiri terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Dimana dalam publik internal adalah orang-orang yang berhubungan dengan mati hidupnya perusahaan atau dalam kata lain orang-orang yang sangat berpengaruh dalam kemajuan perusahaan. Publik internal meliputi; karyawan, pemegang saham, manajer. Sedangkan publik eksternalnya adalah orang-orang yang berada diluar lingkup perusahaan. Adapun publik eksternalnya yaitu pers atau media, pemerintah, masyarakat sekitar, supplier/pemasok, konsumen, dan orang-orang yang dari luar perusahaan. Dengan berkembangnya hal ini membuat munculnya istilah baru dalam dunia PR, istilah baru itu adalah Cyber Public Relations atau pr online. Dibuku lain, Cyber PR juga disebut E-PR (Electronic Public Relations). Seperti dalam buku Cyber Public Relations (Bob Julius. 2004:1) mengatakan E-PR adalah inisiatif PR atau public relation yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya. Di Indonesia  PR ini lebih dikenal dengan istilah Cyber Public Relations.
Cyber PR dapat diartikan sebagai kegiatan kehumasan yang dilakukan dengan sarana media elektronik internet. Cyber PR merupakan inisiatif pr yang menggunakan media internet serta media sosial sebagai sarana publisitas (Bob Julius. 2004:1). Internet tentunya memungkinkan kita untuk memperluas cakupan komunikasi, dan menjangkau kelompok-kelompok publik yang sangat jauh ataupun berbeda tempat tinggal, daerah, dan kota dengan kita. Melalui media internet, PR pun memiliki peranan yang cukup besar dan hal ini tentunya sangat baik untuk memperkenalkan produk dan perusahaan ke khalayak luas sehingga masyarakat dapat mengenal dan semakin mengenal produk dan perusahaan kita. Maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa Cyber PR atau pr online merupakan kegiatan praktisi pr untuk mempublikasikan informasi mengenai perusahaannya melalui penggunaan media internet.
Semakin banyaknya pengguna media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Website, Youtube membuat perusahaan semakin meningkatkan cara komunikasi yang semula satu dan dua arah menjadi segala arah. Sosial media merujuk pada sebuah wahana online yang konten utamanya diisi dan didominasi oleh publik, bukan oleh karyawan perusahaan saja. Seluruh kegiatan kehumasan bisa dilakukan di dalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai hubungan dengan pelanggan juga dapat menjadi lebih mudah. Ditengah persaingan global ini, memanfaatkan jaringan internet juga akan menambah variasi media dalam menyampaikan informasi kepada  publik. Cyber PR menjadi sebuah kegiatan yang populer yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun organisasi karena mampu menjangkau publiknya dimanapun dan kapanpun sehingga mampu menjadi solusi dari kendala komunikasi mengenai jarak, juga dianggap efektif dalam melakukan komunikasi dalam kegiatan sarana promosi dan pencitraan korporat dengan biayanya yang murah bahkan bisa dikatakan  free of charge (gratis) dan informasi juga cepat sampai kepada publik melalui media berbasis internet.
Kelengkapan informasi yang dihasilkan oleh penyebaran informasi melalui media, efektif dan mampu membentuk sebuah persepsi pada individu yang merupakan publik dari perusahaan. Seperti pernyataan Soemirat dan Ardianto (2011) pengetahuan dan informasi-informasi yang diterima oleh seseorang mampu membentuk sebuah citra dari perusahaan. Citra yang dimaksud adalah gambaran yang dimiliki oleh setiap orang mengenai perusahaan, organisasi, secara keseluruhan, sehingga bukan hanya citra pada produk yang merupakan suatu penilaian yang sifatnya abstrak dan hanya bisa dirasakan oleh pihak terkait.
Untuk menjadi seorang praktisi PR dalam menggunakan media cyber pr haruslah memiliki beberapa kemampuan atau keahlian. Adapun keahlian yang harus dimiliki Public Relations profesional seperti yang dikemukakan Arik Hanson dalam webitenya ACH Communictaion adalah,
1.      Advertising Copywriting.
Sebagai Praktisi humas maka wajib memiliki keahlian menulis naskah iklan atau promosi, termasuk mengelola media sosial, news letter elektronik (e-newsletter), facebook, google adwords, dan sebagainya.
2.      Video Editing/Production.
Instansi atau perusahaan dianjurkan untuk memiliki akun youtube guna promosi online lewat video yang diproduksi oleh bagian humas. Maka praktisi humas harus memiliki keahlian ini.
3.      Mobile.
Praktisi humas profesional dituntut mampu bermain di dunia mobile guna menjalankan strategi promosi dan publikasi.
4.      Social Content Creation/Curation.
Praktisi PR merupakan penyampai cerita (storrytellers) yang harus piawai dalam komunikasi interpersonal yang menjadi ciri khas komunikasi media sosial, dan harus bisa mengemas konten agar dapat menarik khalayak.
5.      Analytics
Kemampuan menganalisis audiens, pasar, konsumen, publik, termasuk pemanfaatan google analytic website perusahaannya, juga analisis karakter teman, likers, dan anggota grup harus dimiliki seorang praktisi pr.
6.      SEO (Search Engine Optimization).
Era digital menuntut perusahaan, instansi, dan organisasi memiliki website. Guna mendapatkan pengunjung yang banyak dan popularitas website, praktisi humas yang bertugas mengelola website tersebut wajib memiliki keterampilan SEO, selain keterampilan mengelola konten yang unik, menarik, dan bermanfaat.
7.      Speed To Information.
Kecepatan informasi harus diwaspadai praktisi PR. PR harus tanggap, responsif dan mampu memonitor dinamika informasi, terutama yang terkait dengan lembaganya menjadi hal wajib bagi praktisi profesional.
8.      Programming Skills.
Harus juga memiliki keterampilan pemrograman.
9.      Managing Virtual Teams.
Seorang praktisi PR harus mampu membuat dan mengelola tim virtual dengan fokus pada hasil.
10.  Blogger Outreach.
Mampu menjadi seorang blogger, dimana harus mengelola dan memaksimalkan fungsi blog dengan baik sebagai salah satu media kehumasan untuk mempublikasikan informasi terkait perusahaan ataupun produk.

Dari sepuluh jenis keahlian yang harus dimiliki seorang praktisi PR, maka dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang PR profesional harus memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas. Karena menjadi seorang PR pun memiliki tanggung jawab yang besar kepada perusahaan atau instansinya. Adapun alat yang dapat membantu dalam Cyber PR untuk melaksanakan tugasnya secara online yaitu dengan email, e-newsletter, blog, media sosial, dan google alerts.
Selain itu, menjadi PR online pun memiliki keuntungan bagi perusahaan, yaitu kantor 24 jam, maksudnya adalah karena informasi melalui media sosial maupun website dikelola oleh PR maka tidak ada batas waktu ketika ingin melakukan komunikasi. Respon Cepat, PR pun harus memberikan respon yang cepat terkait order, masukan, keluhan, kritikan, atau apa saja yang disampaikan konsumen, klien, investor, dan publik. Ini dilakukan guna membangun reputasi yang baik bagi perusahaan. Lalu yang terakhir adalah Interaktif. Interaktifiti adalah watak media online. Cyber PR mengharuskan praktisi humas berinteraksi dengan publik, konsumen, ataupun klien. Semakin sering berinteraksi kepada mereka maka semakin dekat pula hubungan dan terciptanya loyalitas publik terhadap perusahaan.

·         Contoh: Peran Cyber Public Relations Kawasaki Indonesia Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada Publik Secara Online.

Kawasaki motor merupakan perusahaan multi-nasional yang memiliki lebih dari lima puluh saham di kota-kota besar di seluruh dunia (pabrik, pusat distribusi, dan pusat marketing & sales). Umumnya kawasaki dikenal karena bisnis alat transportasi berupa motor yang dikelola dan mengeluarkan banyak jenis motor. Motor yang paling terkenal adalah seri ninja dan klx. Kemajuan jaman dalam teknologi memaksa perusahaan ini untuk bisa mempublikasikan informasi secara terus menerus kepada khalayak.  Pihak Kawasaki tentunya ingin agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui produk dan perusahaannya serta mendapatkan reputasi yang baik dari konsumen.
Tentunya peran praktisi pr sangat dibutuhkan untuk memberikan solusi dan strategi bagaimana agar hal yang diinginkan perusahaannya bisa terjadi. Maka praktisi pr dapat menerapkan metode Cyber PR untuk mempublikasikan berbagai informasi kepada khalayaknya. Melalui Cyber PR, maka praktisi pr dimudahkan dalam pekerjaannya untuk menyampaikan pesan-pesan kepada targetnya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa perusahaan ini lebih dikenal dengan otomotifnya yaitu motor, maka yang menjadi targetnya adalah laki-laki. Adapun pembelian motor bisa karena beberapa faktor, entah itu karena hobi, kebutuhan, atau memang keinginan semata. Konsumen akan mencari tahu terlebih dahulu terkait motor yang akan dibeli, inilah gunanya penyebaran informasi harus dilakukan oleh pihak perusahaan. Agar konsumen mendapat informasi langsung dari pihak perusahaan. Pempublikasian informasi dilakukan dalam bentuk online, media yang dapat digunakan yaitu blog, website, dan media sosial. 

Source: Sepeda Motor Kawasaki
Source: Instagram Kawasaki Indonesia

Mengikuti jaman yang semakin maju dalam teknologi, PR dalam perusahaan Kawasaki Indonesia pun mulai membuat sarana informasi melalui website nya yang semula bernama Kawasaki Indonesia, namun pihak kawasaki mengupgrade tampilan dan isi websitenya agar lebih semakin menarik untuk dilihat. Kawasaki juga mengubah nama websitenya yang semula Kawasaki Indonesia menjadi Sepeda Motor Kawasaki. Perbaikan memang harus terus dilakukan agar penyampaian informasi dalam website tersebut dapat diterima khalayak dengan mudah. Selain menggunakan website, maka kawasaki juga menggunakan media sosial seperti Instagram dan Youtube. Kawasaki juga membuat instagram dengan nama @/kawasaki_indonesia dan youtube dengan nama Kawasaki Indonesia. Penggunaan media instagram sangat baik untuk meningkatkan interaksi kepada konsumen, konsumen dapat langsung mengirimkan pesan kepada pihak perusahaan dan pihak perusahaan pun dapat langsung menjawab atau merespon. Penggunaan media sosial juga dapat membangun reputasi yang baik untuk pihak perusahaan dengan membentuk citra dimasyarakat melalui positingan ataupun kegiatan kawasaki. 


Maka kesimpulannya adalah dengan menjalankan PR online, maka akan sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan citra positif dari masyarakat atau publik nya. Menjadi seorang PR pun tidak bisa asal-asalan, harus memiliki wawasan, pengetahuan serta kemampuan yang baik, karena tanggungjawab PR yang besar kepada perusahaan, organisasi atau instansi dimana ia bekerja. Dengan adanya PR online pun maka masyarakat, klien, ataupun konsumen akan lebih mudah untuk berkomunikasi karena tidak dibatasi oleh waktu, melainkan 24 jam dengan respon yang cepat. 





DAFTAR REFERENSI:

Dwiyanti Jovita, Kusumastuti I. Yatri. 2018. 
Hubungan Antara Cyber Public Relations Dalam                     Mengkomunikasikan Etika Bisnis Dan Citra Burgreens. Jurnal Komunikasi Pembangunan.Vol.           16 No. 2.

Husna, Nisrin. 2018.
Cyber Public Relations. Malang.


Onggo J. Bob. 2004.
Cyber Public Relations. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.


Soemirat S, Adrianto. 2010.
Dasar-Dasar Public Relations. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.


Tim dosen Universitas Esa Unggul. 2019.
Tugas dan Keterampilan Humas Era Internet: Modul 5.              Jakarta. Universitas Esa Unggul.


Website online: Arik C. Hanson. 20012.
10 Skills The PR Pro Of 2022 Must Have. Diakses online: http://www.arikhanson.com/2012/06/12/10-skills-the-pr-pro-of-2022-must-have/


https://www.kawasaki-motor.co.id/id-id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merry Riana Si Wanita Satu juta Dolar

"Cerita Si Wanita Satu Juta Dolar" Muda, cantik, dan energik, itulah kesan yang timbul setelah mendengar nama seorang Merry Riana. Ya, siapa yang tidak mengenal sosoknya? Wanita yang lahir di Jakarta, 29 Mei 1980 ini namanya melejit didunia berkat kesuksesannya meraup penghasilan satu juta dolar Amerika Serikat (AS) di usia 26 tahun. Namun, kesuksesan yang ia raih saat ini tidak serta merta didapatkan dengan mudah, banyak tantangan dan rintangan, bahkan berkali-kali kegagalan dialaminya. Setelah lulus SMA, Merry Riana ingin melanjutkan kuliahnya di Universitas Trisakti. Namun, cita-citanya buyar ketika kerusuhan besar yang terjadi pada Mei 1998. Peristiwa tersebut merupakan hal yang tidak akan terlupakan oleh Merry Riana. Kerusuhan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh isu SARA yang membuat kehidupan keluarga Ria, sapaan dari Merry Riana yang beretnis Tionghoa harus terusik, karena selalu diburu oleh oknum tertentu. Untuk menghindari segala sesuatu yang akan terjad...

Si Jenius Edith

Edith Ann Stern adalah anak yang terbilang jenius, ia dibesarkan dan dididik oleh ayahnya dengan cara yang sedikit berbeda dari kebanyakan orangtua yang mendidik anaknya. Kebanyakan orangtua ingin melihat anaknya tumbuh denganbaik, lucu, dan bahkan terkadang orangtua pun mengikuti gaya bicara sang anak yang masih balita. Tapi tidak dengan ayah Edith, ayahnya yang bernama Aaron Stern ini membesarkan Edith dengan cara yang tidak biasa. Pada saat Edith lahir tahun 1952, ayahnya saat itu mengummumkan niatnya kepada reporter bahwa ia ingin membesarkan anaknya sebagai "manusia sempurna", tapi selama manusia hidup tidaklah ada yang sempurna, mungkin didalam pikiran ayahnhya adalah membuat anaknya sebagai manusia yang jenius. Aaron Stern menulis buku "The making of jenius," "The joy of learning". Bagaimana ayah Edith mendidiknya? yaitu dengan cara ayahnya mengajak Edith kecil berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang selayaknya dipakai untuk berkomunikasi deng...

BERGABUNG BERSAMA GESID (GERAKAN STOP COVID-19)

Sudah kurang lebih enam bulan dunia dihadapkan dengan virus yang sangat amat meresahkan manusia. Berawal dari Kota Wuhan, China, hingga menyebar ke negara-negara lainnya. Salah satu negara yang telah terinfeksi Corona adalah Indonesia. Pada tanggal 02 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 pertama, sehingga menimbulkan kepanikan ditengah-tengah masyarakat. Setelah kurang lebih dua bulan menerapkan PSBB maka pertanggal 5 Juni 2020, Indonesia telah mulai memasuki fase new normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19.  Dapat dilihat bahwa ruas jalan protokol wilayah DKI Jakarta sudah mulai ramai dan kembali macet, segala jenis transportasi, perkantoran, rumah makan, kafe, dan tempat hiburan sudah mulai dibuka mulai 08 Juni 2020. Tentunya pemberlakuan new normal ini tidak sebebas seperti sedia kala, pemerintah tetap mewajibkan seluruh masyarakat dan pelaku bisnis agar menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan untuk berjaga jarak, tidak berkump...